Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

    GilaBola+

    filejamil.cf. Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

    Social Media

      Scrolling Cat

        Technology

          Total Tayangan Halaman

          Pilpres 2019+

          Video Terpopuler

          detikNews

          Berita Utama

          Kategori Berita

          FAQ's

          Ads

          Ads
          detikcoy

          Tag Populer

          Jumat, 19 Desember 2014

          KOMPETENSI PENGAWAS KEPALA DAN TENAGA ADMINISTRASI PAUD 2014

              Jumat, Desember 19, 2014  

          Dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 3) tentang Kompetensi Pengawas, Kepala, Tenaga Adm PAUD, Kompetensi pengawas atau penilik PAUD mencakup kompetensi-kompetensi seperti; Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi penelitian dan pengembangan, kompetensi supervisi akademik, dan kompetensi evaluasi pendidikan. Kompetensi Kepala PAUD mencakup kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi. Sedangkan Kompetensi Tenaga Administrasi PAUD memenuhi kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi manajerial. Lebih jelasnya tentang Kompetensi Kompetensi Pengawas, Kepala dan Tenaga Administrasi PAUD, secara lebih rinci dapat dilihat dalam uraian sebagai berikut:

          KOMPETENSI PENGAWAS/PENILIK PAUD

          A. Kompetensi Kepribadian
          Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan
          Menunjukkan tanggung jawab dan komitmen dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai penilik
          Menunjukkan kreativitas dalam bekerja dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan tugas-tugas penilik
          Menunjukkan rasa ingin tahu akan hal-hal baru tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menunjang tugas pokok dan tanggungjawabnya
          Menunjukkan motivasi dan etos kerja yang menggambarkan perubahan pola pikir (mindset) dalam peningkatan mutu pendidikan

          B. Kompetensi Sosial
          Memahami karakteristik sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat
          Mampu bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi penilik
          Mampu berperan serta dalam kegiatan organisasi profesi penilik dan organisasi profesi lainnya
          Memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah yang terjadi pada masyarakat setempat
          Menguasai masalah sosial kemasyarakatan dan cara pemecahannya

          C. Kompetensi Supervisi Manajerial
          Menguasai fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan satuan/program PAUD
          Menguasai konsep, prinsip, metode dan teknik supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan satuan/program PAUD
          Menguasai teknik penyusunan rancangan dan pelaksanaan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD
          Menguasai metode dan instrumen kerja untuk melaksanakan tugas pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD
          Membina pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan/pogram PAUD berdasarkan prinsip-prinsip manajemen supervisi
          Memahami pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan memanfaatkan hasilnya untuk membantu sekolah dalam mempersiapkan evaluasi diri sekolah, akreditasi sekolah dan peningkatan mutu sekolah
          Menganalisis data hasil supervisi manajerial secara komprehensif
          Menyusun laporan hasil supervisi manajerial secara komprehensif dan bermakna
          Mengomunikasikan hasil supervisi manajerial kepada kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu manajemen sekolah

          D. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan
          Menerapkan pendekatan, metode, jenis dan prosedur penelitian untuk mengembangkan program PAUD
          Menentukan masalah yang penting untuk diteliti terkait dengan tugas kepengawasan dan pengembangan karir sebagai penilik
          Menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian dan non-penelitian bidang PAUD
          Menerapkan langkah dan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan
          Menerapkan teknik penyusunan buku ajar, pedoman, dan petunjuk teknis untuk pelaksanaan pengendalian mutu satuan/program PAUD
          Memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan satuan/program PAUD
          Membimbing kepala sekolah dan guru melakukan penelitian tindakan sekolah dan tindakan kelas serta publikasinya

          E. Kompetensi Supervisi Akademik
          Menganalisis konsep, prinsip dasar, dan teori perkembangan anak usia dini
          Menganalisis konsep, prinsip dasar, metode dan teknik pengasuhan, pembelajaran, perlindungan anak usia dini
          Membimbing pendidik PAUD dalam menyusun rencana kegiatan dalam pembelajaran
          Membimbing pendidik PAUD dalam melaksanakan pengasuhan, pembelajaran, perlindungan anak usia dini
          Membimbing pendidik PAUD dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan alat permainan edukatif, media pembelajaran dan teknologi informasi untuk melaksanakan kegiatan pengasuhan, pembelajaran, perlindungan anak usia dini
          Menganalisis hasil supervisi akademik secara komprehensif
          Menyusun laporan hasil supervisi akademik secara komprehensif
          Mengomunikasikan hasil supervisi akademik kepada guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran

          F. Kompetensi Evaluasi Pendidikan
          Menerapkan konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan aplikasinya dalam satuan/program PAUD
          Mengembangkan instrumen penilaian kegiatan anak usia dini
          Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasilnya untuk meningkatkan mutu satuan/program PAUD
          Membimbing pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja untuk peningkatan mutu pembelajaran
          Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan PAUD untuk melakukan pembinaan lebih lanjut

          KOMPETENSI KEPALA PAUD
          A. Kompetensi Kepribadian
          Menunjukkan akhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi warga di satuan/program PAUD
          Menunjukkan integritas kepribadian sebagai pemimpin
          Menunjukkan keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala PAUD
          Menunjukkan sikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi
          Menunjukkan pengendalian diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala PAUD
          Menunjukkan bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan

          B. Kompetensi Manajerial
          Menyusun perencanaan satuan/program PAUD untuk berbagai tingkatan perencanaan
          Mengembangkan organisasi satuan/program PAUD sesuai dengan kebutuhan
          Memimpin satuan/program PAUD dalam pendayagunaan sumber daya nya secara optimal
          Mengelola perubahan dan pengembangan lembaga menuju organisasi pembelajaran yang efektif
          Menciptakan budaya dan iklim satuan/program PAUD yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran anak usia dini
          Mengelola guru dan tenaga administrasi satuan/program PAUD dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

          C. Kompetensi Sosial
          Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
          Mengelola hubungan satuan/program PAUD dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
          Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
          Mengelola keuangan satuan/program PAUD sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
          Mengelola ketatausahaan satuan/program PAUD dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
          Mengelola unit layanan khusus satuan/program PAUD dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
          Mengelola sistem informasi satuan/program PAUD dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
          Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen satuan/program PAUD
          Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/ madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
          Menyelesaikan konflik internal secara bijaksana

          C. Kompetensi Kewirausahaan
          Melakukan inovasi yang berguna bagi pengembangan satuan/program PAUD
          Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan satuan/program PAUD sebagai organisasi pembelajar yang efektif
          Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah
          Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi satuan/program PAUD
          Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa satuan/program PAUD sebagai sumber belajar bagi anak usia dini
          Kreatif mengembangkan usaha lembaga PAUD
          Terampil memanfaatkan jejaring kemitraan
          Memberdayakan potensi warga di sekitar satuan/program PAUD

          D. Kompetensi Supervisi
          Merencanakan program supervisi akademik
          Merencanakan program supervisi manajerial
          Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru PAUD
          Melaksanakan supervisi manajerial terhadap tenaga administrasi sekolah
          Menyusun laporan hasil supervisi akademik
          Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
          Melakukan pembinaan berdasarkan hasil supervisi akademik guru untuk peningkatan profesionalisme
          Melakukan pembinaan berdasarkan hasil supervisi manajerial tenaga administrasi sekolah untuk peningkatan kinerja

          E. Kompetensi Sosial
          Bekerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) satuan/program PAUD
          Menunjukkan partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
          Memprakarsai kegiatan yang mencerminkan kepekaan sosial
          Peduli terhadap kebutuhan warga satuan/program PAUD
          Melestarikan dan memberdayakan lingkungan satuan/program PAUD
          Berkomunikasi secara santun dan efektif
          Menunjukkan empati kepada sesama warga satuan/program PAUD

          KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI PAUD

          A. Kompetensi Kepribadian
          Berakhlak mulia
          Bersikap terbuka
          Tekun dan ulet
          Jujur dan bertanggung jawab
          Bertindak konsisten dengannilai dan keyakinannya
          Bertindak secara tepat
          Memiliki etos kerja
          Melakukan evaluasi diri

          B. Kompetensi Profesional
          Mengaplikasikan teknologi informasi dalam sistem administrasi pendidikan
          Mendokumentasi data kelembagaan dengan menggunakan berbagai media
          Memberi pelayanan administratif kepada pendidik dan tenaga kependidikan, serta orang tua peserta didik
          Mengelola sarana dan prasarana satuan/program PAUD secara optimal
          Memperlancar administrasi penerimaan peserta didik dan pengelompokkan peserta didik
          Mengelola keuangan sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
          Mengelola ketatausahaan untuk mendukung pencapaian tujuan
          Melindungi anak dari kekerasan

          C. Kompetensi Sosial
          Menjalin kerjasama dengan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan
          Memberi layanan administratif dan informasi kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah
          Bersikap transparan, terbuka, dan ramah dalam memberikan pelayanan
          Memiliki kepekaan sosial
          Bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan satuan/program PAUD
          Mengambil peluang untuk mengelola satuan/program PAUD secara berkesinambungan

          D. Kompetensi Manajerial
          Merencanakan program ketatausahaan secara mingguan, bulanan, dan tahunan
          Melaksanakan program kerja secara terencana, rapi, dan terarsipkan Membuat laporan kegiatan administrasi bulanan dan tahunan
          Mengelola dan mengembangkan satuan/program PAUD dalam pelayanan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
          Mengkoordinasi pendidik dan tenaga kependidikan lain dalam menjalankan tugas
          Mengelola sarana dan prasarana sebagai aset lembaga.

          Sumber : Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 3).

          Similar Posts

          Previous
          Next Post
          Tidak ada komentar:
          Write comments

          Labels

          About us

          Text Widget

          Common

          Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

          Labels

          About Us

          Berita Terbaru

          FAQ's

          © 2014 filejamil. Designed by Bloggertheme9
          Proudly Powered by Blogger.