Setelah berada dalam tahapan pelaksanaan kegiatan dari Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang sudah disusun, Tahapan yang temasuk dalam kegiatan penilaian/ evaluasi adalah pengamatan dari tingkat pencapaian perkembangan anak dengan memperhatikan Indikator yang sudah dijabarkan dalam RKH.
Adapun aspek-aspek yang dinilai meliputi perkembangan : NAM, SOSEM,KOGNITIF, BAHASA, FISIK. diimplikasikan dalam tujuan pembelajaran yang diintegrasikan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Tema dan subtema yang dilaksanakan.
Pengamatan dilakukan dengan melakukan penilaian dengan dengan mencontreng/ ceklist v untuk menentukan kualifikasi pencapaian perkembang anak yang terdiri dari :
- BM atau Belum Muncul = yang diberi simbol * (Bintang 1)
- MB atau Mulai Berkembang = yang diberi simbol ** (Bintang 2)
- BSH atau Berkembang Sesuai Harapan = yang diberi simbol *** (Bintang 3)
- BSB atau Berkembang sangat Baik = yang diberi simbol **** (Bintang 4)
Ini dapat dilihat dalam contoh Format Catatan Pengamatan Perkembangan Anak dalam kegiatan pembelajaran sentra berikut ini :
Demikian contoh Format Catatan Pengamatan Perkembangan Anak dalam kegiatan pembelajaran sentra, Semoga bermanfaat. terimakasih.
Baca Juga contoh Format RKH Sentra dan Pelaksanaan Pembelajaran Harian Sentra di sini !!
Tidak ada komentar:
Write comments