BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Keberhasilan pembangunan nasional sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Untuk mencapai itu diperlukan kemampuan dan pendidikan yang baik dengan program-progrma pembelajaran yang bermutu. Oleh karena itu kiranya perlu diusahakan agar masyarakat dapat digerakkan dan dibina menjadi sumber daya yang produktif, berbudi luhur, cakap dan terampil, percaya pada kemampuan diri sendiri untuk bekerja dan memandang hari esok dengan penuh optimis. Pembangunan nasional di bidang pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur serta dapat memungkinkan warganya untuk mengembangkan diri, baik berkenaan dengan aspek jasmaniah maupun rohaniah.
Merujuk pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi, yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. Artinya, pendidikan harus dimulai dari usia dini, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Salah satu langkah penting untuk mencapat tujuan di atas adalah menciptakan masyarakat kita menjadi masyarakat pembelajar yang baik. Masyarakat diupayakan mempunyai minat dan kemampuan belajar yang tinggi, yang lebih menghargai dan menanfaat sumber-sumber belajar secara langsung dan berkesinambungan untuk perbaikan taraf hidupnya. Kegiatan belajar ini tentunya dapat dilakukan sejak usia dini dengan menerapkan program-program pendidikan anak usia dini yang bermutu, agar kelak kegiatan belajar dapat diarahkan menjadi belajar yang mandiri dan terus bekembang sesuai dengan kebutuhan jaman.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang dikemukakan dalam makalah ini adalah :
1. Bagaimanakah pengertian belajar?
2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar tersebut?.
3. Bagaimanakah strategi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini?.
C. Tujuan
Mengacu pada permasalahan, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memperoleh gambaran atau informasi tentang :
1. Pengertian belajar.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar tersebut.
3. Mengetahui strategi pembelajara dalam pendidikan anak usia dini tersebut.
Untuk Makalah selengkapnya silakan Download di sini !!
Tidak ada komentar:
Write comments