Rencana pembelajaran adalah suatu rancangan tertulis mengenai kegiatan main anak yang dilakukan secara rutin yang menjelaskan tentang struktur kegiatan dan aktivitas bermain. Karena rencana pembelajaran merupakan rencana kegiatan yang dikenal dan disukai oleh anak, pendidik PAUD harus menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak.
Anak usia dini belajar dengan baik apabila :
Perencanaan program belajar anak usia dini harus menyeluruh (mencakup semua aspek perkembangan), seimbang (antara aspek satu dengan lainnya), dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Perencanaan program belajar harus :
-Direncanakan dengan baik sehingga mendukung lingkungan belajar anak
-Memuat tujuan realistic berdasarkan pada minat dan kebutuhan anak
-Membangun pengalaman individu dan kelompok
-Bervariasi, mengenalkan ragam budaya dalam kegiatan yang tepat
-Mendukung kegiatan main yang menyenangkan, menantang, dan menyatu dengan kehidupan sehari-hari
-Mendukung keterlibatan orang tua
-Mengembangkan wawasan anak tentang diri, lingkungan sekitar dan dunia sekeliling anak.
Penyusunan rencana belajar program pendidikan anak usia dini dilakukan dalam beberapa langkah :
-Menentukan aspek dan indicator perkembangan
-Menentukan tema/topic
-Menentukan materi
-Menentukan kegiatan
-Menentukan alat dan bahan
-Menentukan pencatatan
Enam langkah yang harus diperhatikan tersebut di atas, dalam penyusunan rencana belajar saling terkait satu dengan yang lainnya, sehingga tidak dapat menghilangkan satu langkah, dan melompat ke langkah berikutnya.
Baca juga cara Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD di sini !!
Anak usia dini belajar dengan baik apabila :
- Sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Sesuai dengan kebutuhan khusus setiap anak
- Memiliki kesempatan untuk mengembangkan semua potensi jamak yang dimilikinya
- Diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya melalui interaksi dengan alat main, teman dan orang dewasa secara berulang-ulang
- Anak merasa aman dan nyaman secara psikologinya
- Dilakukan dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan bermain
- Dikenalkan sejak dini dengan kepatuhan menurut konteks agama, social dan budaya.
Perencanaan program belajar anak usia dini harus menyeluruh (mencakup semua aspek perkembangan), seimbang (antara aspek satu dengan lainnya), dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Perencanaan program belajar harus :
-Direncanakan dengan baik sehingga mendukung lingkungan belajar anak
-Memuat tujuan realistic berdasarkan pada minat dan kebutuhan anak
-Membangun pengalaman individu dan kelompok
-Bervariasi, mengenalkan ragam budaya dalam kegiatan yang tepat
-Mendukung kegiatan main yang menyenangkan, menantang, dan menyatu dengan kehidupan sehari-hari
-Mendukung keterlibatan orang tua
-Mengembangkan wawasan anak tentang diri, lingkungan sekitar dan dunia sekeliling anak.
Penyusunan rencana belajar program pendidikan anak usia dini dilakukan dalam beberapa langkah :
-Menentukan aspek dan indicator perkembangan
-Menentukan tema/topic
-Menentukan materi
-Menentukan kegiatan
-Menentukan alat dan bahan
-Menentukan pencatatan
Enam langkah yang harus diperhatikan tersebut di atas, dalam penyusunan rencana belajar saling terkait satu dengan yang lainnya, sehingga tidak dapat menghilangkan satu langkah, dan melompat ke langkah berikutnya.
Baca juga cara Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD di sini !!
Tidak ada komentar:
Write comments