Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

GilaBola+

filejamil.cf. Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Pilpres 2019+

Video Terpopuler

detikNews

Berita Utama

Kategori Berita

FAQ's

Ads

Ads
detikcoy

Tag Populer

Selasa, 24 Desember 2013

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TK (TAMAN KANAK-KANAK)

    Selasa, Desember 24, 2013  

Program kegiatan Belajar di TK

Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, maka kurikulum Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah disebut dengan Program Belajar Taman Kanak-kanak. Program kegiatan belajar menurut Keputusa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu : program kegiatan belajar adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai isi dan bahan kegiatan serta cara yang digunakan sebagai mengajar (Depdikbud, 1993:2).

Isi program kegiatan belajar TK mencakup program pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan program pengembangan kemampuan dasar yang merupakan suatu kesatuan yang utuh, program kegiatan yang dimaksud harus dilandasi oleh Pembinaan kehidupan beragama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sehubungan dengan itu pengembangan dasar adalah merupakan program yang dipersiapkan oleh guru, sedangkan program pembentukan perilaku dapat dilaksanakan terus-menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari di TK, sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Program Pembentukan Perilaku dapat dilaksanakan melalui:
  1. Kegiatan rutin misalnya : berdoa, mengucapkan salam
  2. Kegiatan spontan, misalnya : teguran pada anakyang jail
  3. Kegiatan dengan teladan / contoh guru misalnya : berpakaian rapi, bertutur kata yang baik
  4. Kegiatan yang di rencanakan (terprogram) misalnya : dalam persiapan mengajar.
Mengingat pentingnya program pembentukan perilaku, maka harus dilaksanakan secara seimbang dengan kemampuan dasar sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di TK dapat mencapai hasil yang optimal.  

Fungsi Program Kegiatan Belajar

Program Kegiatan Belajar TK berfungsi untuk :
  1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh anak sesuai tahap perkembangannya
  2. Mengenal anak dengan dunia luar
  3. Mengembangkan sosialisasi anak
  4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
  5. Memberikan kesempatan pada anak untuk menikmati masa bermain.
Tujuan Program Kegiatan Belajar TK

Program kegiatan belajar TK bertujuan untuk membantu meletakan dasar ke arah sikap, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, membantu kesiapan anak sebelum masuk sekolah dasar.

Dalam peraturan pemerintah RI nomor 27 tahun 1990 disebutkan bahwa program kegiatan belajar di taman kanak-kanak meliputi pengembangan-pengembangan sebagai berikut :
  1. Moral pancasila
  2. agama
  3. disiplin
  4. kemampuan berbahasa
  5. daya pikir
  6. daya cipta
  7. perasaan / emosi
  8. kemampuan bermasyarakat
  9. keterampilan
  10. jasmani
Metode pendidikan dan pembelajaran di TK

Dalam garis-garis besar program kegiatan belajar taman kanak-kanak (GBPKB-TK1994) dan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 1990 tentang pendidikan Prasekolah, dijelaskan bahwa program kegiatan belajar TK meliputi upaya pengembangan yang mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1. Program kegiatan belajar mengajar dalam rangka pembentukan perilaku, melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari yang meliputi pengembangan agama,moral pancasila, disiplin, perasaan emosi dan kemampuan masyarakat.
  2. Program kegiatan belajar dalam ranka pengembangan kemampuan dasar, melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh guru meliputi pengembangan kemampuan pendidikan agama islam, berbahasa, daya pikir,daya cipta, keterampilan dan jasmani (GBPKB-TK 1994 : 2).
Pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar tersebut dicapai melalui metode yang digunakan agar dapat memacu perkembangan-perkembangan sebagai berikut:
  1. Perkembangan motorik
  2. Perkembangan Daya Cipta dan Bahasa
  3. Perkembangan kreativitas dan keterampilan
  4. Perkembangan Emosi
  5. Perkembangan Proses Sosialisasi dan Perilaku.
Referensi :
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (2003).Pengembangan Multiple Intelegence Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Pendidikan TK SD Depdiknas.
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (1996) Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak 1994. Jakarta. Depdiknas

Sumber Gambar : http://kekeyohanes.blogspot.com/

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write comments

Labels

About us

Text Widget

Common

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Labels

About Us

Berita Terbaru

FAQ's

© 2014 filejamil. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.