Nilai Karanter:
HORMAT DAN SOPAN SANTUM
JUDUL KEGIATAN PESAWAT TERBANG
TUJUAN
MENGENALKAN ANAK :
TENTANG : PESAWAT :
FUNGSI PESAWAT
KEGUNAAN PESAWAT
JENIS – JENIS PESAWAT
Nilai Karakter yang dikembangkan.
Dapat melakukan kebiasaan yang baik.
Dapat bersabar menunggu giliran.
Tidak mengejek kawan.
Untuk Kegiatan dengan tema pesawat terbang ini, Rancangan Rencana Kegiatan dapat disusun sebagai seperti contoh berikut :
Tema : Pesawat Terbang.Hari / Tanggal : Selasa, 08 November 2013
Kelas/Kelompok: Sentra Persiapan Guru Kelas : Rizky Inaya,S.Pd
KEGIATAN PAGI : 07.30 – 08.30
A. Aspek Perkembangan dan indikator.
A. 1 Moral:
1. Memberi Salam dan menjawab salam.
2. Bersalaman dengan semua Bapak/Ibu Guru
3. Berdo’a sebelum dan sesudah
4. Meniru Sikap berdo’a
A. 2 Sosial, Emosil & Kemandirian:
Mau mematuhi peraturan disentra.
Saling membantu dan menghargai
saling mengenal orang yang baru dikenal(pilot,pramugari)
A.3 Bahasa:
1. Mengenal dan menyebutkan kosakata sederhana.
2. Mendengarkan cerita dengan baik.
A. 5. Motorik Halus:
1. Melipat
2. Memegang Krayon.
3. Mengunting gambar Pesawat.
4. Meronce.
5. Menempel
6. Menjepit
7. Menjahit.
Alat dan bahan :
1. Gunting
2. Kertas HVS
3. Lem
4. Krayon
5. Jarum dari benang wol
A. 6 Seni & Kreatifitas:
1. Mengambar sesuai cerita bu’Guru
2. Mewarnai Pesawat Terbang.
A.7 Leadership:
1. Komunikasi
2. Mengatur / mengelompokkan
3. Membuat Keputusan.
A.8 Imtaq : 1. Mengenal kekuasaan Allah.
B. Kegiatan Belajar
Pijakan lingkungan Main:
Pijakan Sebelum main:
Circle time : Guru dan anak duduk melingkar
Demikian kegiatan Karakter PAUD (centra Tema Pesawat Terbang)..Semoga Bermanfaat ...terima kasih.
HORMAT DAN SOPAN SANTUM
JUDUL KEGIATAN PESAWAT TERBANG
TUJUAN
MENGENALKAN ANAK :
TENTANG : PESAWAT :
FUNGSI PESAWAT
KEGUNAAN PESAWAT
JENIS – JENIS PESAWAT
Nilai Karakter yang dikembangkan.
Dapat melakukan kebiasaan yang baik.
Dapat bersabar menunggu giliran.
Tidak mengejek kawan.
Untuk Kegiatan dengan tema pesawat terbang ini, Rancangan Rencana Kegiatan dapat disusun sebagai seperti contoh berikut :
Tema : Pesawat Terbang.Hari / Tanggal : Selasa, 08 November 2013
Kelas/Kelompok: Sentra Persiapan Guru Kelas : Rizky Inaya,S.Pd
KEGIATAN PAGI : 07.30 – 08.30
A. Aspek Perkembangan dan indikator.
A. 1 Moral:
1. Memberi Salam dan menjawab salam.
2. Bersalaman dengan semua Bapak/Ibu Guru
3. Berdo’a sebelum dan sesudah
4. Meniru Sikap berdo’a
A. 2 Sosial, Emosil & Kemandirian:
Mau mematuhi peraturan disentra.
Saling membantu dan menghargai
saling mengenal orang yang baru dikenal(pilot,pramugari)
A.3 Bahasa:
1. Mengenal dan menyebutkan kosakata sederhana.
2. Mendengarkan cerita dengan baik.
A. 5. Motorik Halus:
1. Melipat
2. Memegang Krayon.
3. Mengunting gambar Pesawat.
4. Meronce.
5. Menempel
6. Menjepit
7. Menjahit.
Alat dan bahan :
1. Gunting
2. Kertas HVS
3. Lem
4. Krayon
5. Jarum dari benang wol
A. 6 Seni & Kreatifitas:
1. Mengambar sesuai cerita bu’Guru
2. Mewarnai Pesawat Terbang.
A.7 Leadership:
1. Komunikasi
2. Mengatur / mengelompokkan
3. Membuat Keputusan.
A.8 Imtaq : 1. Mengenal kekuasaan Allah.
B. Kegiatan Belajar
Pijakan lingkungan Main:
- Guru menyiapkan alat dan bahan yang akan dipergunakan disentra diantaranya :
- Mengambar sesuai dengan cerita (5 Kesempatan)
- Mewarnai (5 Kesempatan )
- Mengunting gambar pesawat (4Kesempatan)
- Melipat (3 Kesempatan)
- Meronce (3 Kesempatan)
- Mengelompokan berdasarkan warna, jenis dan bentuk.(3 Kesempatan)
- Membaca Buku (4Kesempatan )
- Menjahit (4Kesempatan)
Pijakan Sebelum main:
Circle time : Guru dan anak duduk melingkar
- Guru memberi salam dan menanyakan kabar kepada anak-anak, berdoa, mengulang hari/tanggal, menyampaikan/menanyakan tema minggu ini.dan menyampaikan kosa kata (angka,jumlah,sama dengan)
- Siswa mendengarkan cerita yang berhubungan dengan Pesawat
- siswa menjawab pertanyaan guru tentang cerita yang didengarnya
- Siswa menyebutkan benda–benda yang mempunyai posisi diatas, ditengah , dibawah
- Siswa menunjukkan pesawat berdasarkan warna, bentuk, dan jenisnya.
- siswa menyimak penjelasan guru tentang densitas yang ada siswa dipersilahkan untuk menyebutkan peraturan disenra persiapan
- siswa yang bisa mengulang kata yang disebutkan guru boleh memilih densitas.
- Guru berkeliling diantara anak yang sedang beraktivitas
- Guru memberi dukungan dengan pernyataan positif agar anak dapat melakukan kegiatan yang dianggap sulit oleh anak.
- Memberikan bantuan kepada anak yang memerlukan bantuan Mencatat apa yang dilakukan anak Mengingatkan anak untuk bersiap-siap menyelesaikan kegiatan
- Siswa merapihkan alat yang sudah digunakan.
- Menanyakan perasaan anak setelah bermain yang telah dilakukan Guru menanyakan apakah kegiatan hari ini menyenangkan
- Guru menanyakan kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh anak satu persatu
- Siswa menceritakan gambar yang telah dibuatnya.
- Siswa menjelaskan prilaku positif yang telah dilakukan pada saat main,
- Mengucapkan hamdalah bersama-sama dan membaca doa masuk kamar mandi.
- Anak–anak dipersilahkan meninggalkan kelas untuk berwudhu.dan kembali kekelas masing-masing.
Demikian kegiatan Karakter PAUD (centra Tema Pesawat Terbang)..Semoga Bermanfaat ...terima kasih.
Tidak ada komentar:
Write comments