Sangat dianjurkan untuk memutarkan musik klasik kepada anak, terutama ketika proses belajar dan bermain sedang berlangsung. Alasannya karena dalam kegiatan pembelajaran dapat dikondisikan dengan situasi pembelajaran tertentu yaitu pada suatu suasanya yang menyenangkan. Untuk ini dapat diaplikasikan musik dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Musik adalah bagian dari budaya dan ekspresi manusia. Di dalam musik terdapat tatanan ritmis yang berhubungan dengan otak kiri dan tekstur suara yang berhubungan dengan otak kanan.
Berikut ini admin berikan beberapa Klasifikasi karya-karya musik klasik yang dianjurkan karena telah diteliti memiliki pengaruh pada proses pembelajaran khususnya bagi anak-anak PAUD dengan pembelajaran yang terarah dan menyenangkan (Quatum Learning). Klasifikasi karya-karya musik klasik ini terbagi menurut pengaruhnya, yaitu:
Berikut ini admin berikan beberapa Klasifikasi karya-karya musik klasik yang dianjurkan karena telah diteliti memiliki pengaruh pada proses pembelajaran khususnya bagi anak-anak PAUD dengan pembelajaran yang terarah dan menyenangkan (Quatum Learning). Klasifikasi karya-karya musik klasik ini terbagi menurut pengaruhnya, yaitu:
a. Relaksasi
Untuk relaksasi dapat diputarkan musik-musik klasik Karya Handel yang terdiri dari :
- Concerto for Harp and Lute Larghetto, op. 4, no. 6
- Concerto for Harp in F Major Largheto, op. 4, no. 5
- Concerto Grosso in C Major (“Alexander’s Featst”
b. Meningkatkan Daya Ingat
Untuk daya ingat peserta didik terhadap materi dan bahan belajar dapat diputarkan musik-musik klasik yang terdiri dari :
- Albinoni : Concerto Oboe in D Minor, op. 9
- Handel : Concerto for Harp and Lute in in B-Flat Major
- J.S Bach : Suite 3 (“Air on G String”)
- J.S Bach : Concerto in F minor, second movement
- Pachelbel : Canon in D Major
- Vivaldi : “Four Seasons” Spring, Largo
- Vivaldi : Concerto Piccolo in C Major
c. Menunjang Pemikiran
- Beethoven : Concerto for Piano no.5 in E.flat
- J.S Bach : Concerto in D minor, for 2 Violins
- Mozart : Clarinet Concerto in A Major
- Mozart : Concerto Concerto no. 21 in C Major, K.467
- Pachelbel : Canon in D Major
- Pachelbel : “Canon” from Canon and Bigue
- Vivaldi : Flute Concerto no. 3 in D Major
d. Meningkatkan Imajinasi
- Beethoven : Symphony no. 6 (“pastorale”)
- Grieg : Peer Gynt Suite Prelude, Act 4, Morning
- Mahler : Symphony no. 5
- Schubert : Octet in F Major, D. 803
e. Penguat IQ
- Beethoven : Concerto for Violin and Orchestra in D Major, op. 61
- Beethoven : Concerto for Piano and Orchestra no.5 in B-flat Major
- Brahms : Concerto for Violin and Orchestra in D Major, op. 77
- Haydn : Concerto no.1 in C Major for Violin and Orchestra, Concerto no.2 in G Major for Violin and Orchestra
- Mozart : Concerto For Violin and Orchestra no. 7 in D Major.
f. Belajar Bahasa
- Corelli : Concerti grosei, op. 4 no. 10, 11, 12
- Handel : Concerto for organ and Orchestra in B-flat major, op. 7 no. 6
- Handel : “Water Musik”
- J.S Bach : Fantasy in G Major, Fantasy in C Minor, Trio in D Minor, Canonic Variations and Toccata
- J.S Bach : Prelude in G Major (“Dogmatik Chorales”)
- Vivaldi : Five Concerto for Flute and Chamber Orchestra
Selain daftar kaslifikasi di atas, sebagai bahan alternatif (tapi belum diteliti), musik yang karakternya mendekati karakter musik klasik yang dapat mempengaruhi peningkatan proses belajar adalah beberapa komposisi musik karya Kitaro. Musik instrumental karya kitaro seperti ; Heaven and Earth, Koi, Orachi dll dapat juga memberikan efek yang baik bagi otak dan kegiatan pembelajaran anak di sekolah.
Demikian klasifikasi dan daftar musik yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan bermain dan belajar anak, semoga bermanfaat.
Sumber: Disarikan dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Write comments